Mengenal Apa Itu Copywriting dan Macamnya

Mengenal Apa Itu Copywriting dan Macamnya

Mengenal Apa Itu Copywriting dan Macamnya1

Di era yang serba digital ini, copywriting menjadi salah satu teknik yang sangat dibutuhkan demi menggaet perhatian lebih banyak pelanggan dan konsumen dari suatu produk dan layanan. Tak hanya itu saja, teknik ini juga bisa digunakan untuk tujuan lain seperti mengenalkan produk dan layanan, mengajak pembaca untuk mencoba produk dan layanan, membuat calon konsumen membeli produk dan layanan hingga berbagai macam tujuan lain.

Saat ini, teknik ini sudah semakin berkembang dan bisa dikatakan mengalami spesialisasi. Beberapa macam copywriting yang bisa dikenali antara lain

  • Untuk kebutuhan Optimasi di Hasil Pencarian (SEO)

Teknik yang diterapkan adalah mengoptimalkan peranan kata kunci sebagai elemen penting dalam SEO untuk meningkatkan peluang kunjungan pembaca ke unggahan artikel situs, website maupun blog Anda. dengan kata lain copywriter akan lebih fokus pada penggunaan beberapa kali penyebutan keyword tertentu dalam sebuah konten artikel yang dibuat (density). Misalnya density yang diminta adalah 2%, maka kata kunci akan diulang hingga 10 kali dalam artikel sepanjang 500 kata.

  • Untuk kebutuhan Penjualan

Penulisan artikel penjualan ini akan mengolah suatu tulisan agar dapat menyakinkan calon pelanggan hingga akhirnya melakukan tindakan tertentu sesuai yang dituliskan dalam artikel tersebut. Gaya bahasa yang digunakan akan bersifat persuasif dengan modal latar belakang penjualan serta pemasaran. Untuk melakukan teknik ini diperlukan lebih banyak waktu untuk riset kurva olah artikel penjualan sebab menggunakan ketrampilan kreatif serta kompetensi teknis tertentu.

  • Untuk kebutuhan Teknis

Untuk olah artikel teknis, copywriter seharusnya memiliki pengetahuan yang lebih tinggi dibanding para pembacanya terkait suatu bidang yang dibahas. Misalnya, seorang penulis akan mengalami kesulitan menulis detail tentang anatomi katak jika ia tidak memiliki pengetahuan tentang hal tersebut. Meski demikian, copywriter teknis ini tidak selalu tenaga ahli, melainkan penulis dengan kemampuan belajar, menyusun riset dalam kerangka pikir sistematis dan pengetahuan lebih terkait topik dimaksud.

  • Untuk kebutuhan Konten

Karena akan sangat dipenagruhi oleh proyek yang dikerjakan, maka tulisan yang dibuat dalam copywriting konten akan lebih bertujuan untuk membuat para pembaca untuk melakukan suatu tindakan yang sesuai dengan topik website maupun blog. Tergantung pada penyediaan update serta informasi yang diinginkan, setiap website dan blog bisa saja memiliki topik yang berbeda sehingga copywritingnya pun bisa berbeda pula sesuai konten. Artikel yang dibuat bisa berupa artikel tutorial dan prosedur dan lai sebagainya.

  • Untuk konten Kreatif

Olah artikel kreatif ini bertujuan untuk membuat konten kreatif yang dapat memicu tindakan dari pembaca seperti share sehingga menjadi viral. Tentu saja untuk membuat konten viral ini dibutuhkan penulis yang mahir memainkan kata, perasaan dan momen tertentu hingga  menghasilkan sebuah gagasan. Meskipun awalnya mungkin hanya sekedar ingin membuat gempar, tak menutup kemungkinan akhirnya penulisan tersebut berujung pada hal komersil.

Copywriter bisa saja mengerjakan berbagai maca proyek sekaligus di saat yang bersamaan. Akan tetapi, para ahli dan pakar lebih menganjurkan kepada para penulis ini untuk memiliki sebuah niche topik khusus yang kemudian menjadi nilai jual utamanya. Nila jual yang juga poin kekuatan seorang penulis ini umumnya berangkat dari pengalaman kerja.

Dengan kata lain, apabila Anda ingin menjadi seorang copywriter maka sebaiknya lebih terfokus pada spesialisasi tulisan Anda ketimbang menjadi penulis umum (general) dengan kemampuan penulisan artikel standar tanpa ada nilai plus hingga akhirnya hanya memenuhi internet dengan konten yang standar-standar saja.

The following two tabs change content below.

Reifansyah

Hai saya Reifansyah, semoga blog saya berguna untuk anda.

Leave a Reply

© Bmarks.info 2019. All rights reserved